Agama Sebagai Penyebab Kemiskinan – Menyalahkan Agama?

Menyalahkan Agama
Menyalahkan Agama

Menyalahkan Agama – Beberapa hari terakhir ini tiba-tiba ada orang yang teriak-teriak di media sosial, mengumumkan kejelekan agama Kristen dan agama Islam. Di sebelah sana berteriak Islam itu tidak beres, ini bisa dibuktikan dengan banyaknya ke-ngawuran yang dilakukan oleh pemeluknya. Belum lagi melihat kenyataan yang lain dimana kita bisa menyaksikan dengan mudah bagaimana negera-negara yang mayoritas penduduknya Islam ternyata negaranya miskin-miskin.

Ini sangat berbeda dengan negera-negara yang mayoritas penduduknya beragama kristen, di negara yang mayoritas kristen penduduknya bisa hidup makmur dan sejahtera. Dengan melihat kenyataan ini maka bisa disimpulkan bahwa negara yang berpenduduk mayoritas Islam adalah negara yang terbelakang.

Menyambut pernyataan atau tuduhan seperti itu, yang disebelah sini membalas dengan tak kalah sengitnya. Kawan yang disebelah sini mulai mengorek-ngorek ke-ngawuran orang Kristen dengan megungkit-ungkit kitab Injil mereka. Tidak puas dengan mengungkit-ungkit Injil, meerekapun kemudian membandingkan dan menyalah-benarkan kitab-kitab antara kedua agama tersebut.

Cerita diatas adalah cerita nyata, kita bisa menemukan banyak pertengkaran yang se-model dengan itu media sosial. Sekarang yang menjadi pertanyaan kita adalah, betulkah agama Kristen dan agama Islam memang ngawur dan bermasalah sehingga menyebabkan banyak kejahatan kemanusian dan kemunduran/kemiskinan suatu negara?

Jawabannya tentu tidak betul, karena apa yang dikatakan tersebut sangatlah bertolak belakang dengan kenyataan. Dalam ilmu logika dikatakan bahwa yang disebut dengan benar secara materi adalah adanya persamaan antara pernyataan dengan kenyataan.

Baca juga :   Mutazilah-Allah Memberi Balasan

Jika dikatakan bahwa negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam telah menjadi miskin dan bodoh maka ini TELAH terbantahkah dengan sendirinya oleh fakta sejarah di mana pada masa lalu ada mayoritas penduduk suatu negeri yang beragama Islam ternyata terbukti kaya, makmur dan penduduknya pintar-pintar.

Pun sebaliknya, jika dikatakan bahwa jika penduduk suatu negeri beragama Kristen maka otomatis negeranya bisa makmur dan maju, inipun terbantahkan dengan fakta sejarah karena kenyataannya eropa pada abad kegelapan tidak mengalami hal seperti apa yang di klaim tersebut.

Melihat fakta sejarah ini maka adalah terlalu gegabah kalau seseorang menyalahkan agama sebagai kambing hitam atas gagalnya suatu persolan terlebih-lebih kepada persolan maju dan mundurnya suatu peradaban karena pada prinsipnya semua agama mangajarkan dan sekaligus mendorong pemeluknya kearah kebaikan materi dan non-materi.

Kepada mereka yang sebentar-sebentar menyalahkan agama dan atau mengkambing hitamkan agama sebagai biang keladi persoalan kemanusian maka kita harus mengatakan kepada mereka bahwa, ketahuilah obor penerang umat manusia itu adalah ilmu pengetahuan. Jika seseorang atau sekelompok orang meguasai ilmu pengetahuan maka niscaya dia atau kelompoknya tersebut akan menjadi orang yang tercerahkan dan maju dan juga ketahuilah, bahwa semua agama samawi mengajarkan pemeluknya untuk mencari ilmu pengetahuan.

Jika faktanya semua agama mengajarkan pemeluknya untuk mencari ilmu pengetahuan maka dengan sendirinya sudah terbantahkan jika masih ada orang yang beranggapan bahwa agamalah sebagai biang kerok semua persoalan kemanusian.

Baca juga :   Mutazilah-Keadilan Ilahi Versi Mutazilah

Dengan kata lain bisa disebutkan bahwa jika suatu kaum di suatu negeri memeluk agama Islam maka dia akan bodoh dan tertinggal jauh jika dia tidak menghargai ilmu pengetahuan, pun sebaliknya jika di negeri lain ada yang berpenduduk yahudi, nasrani dan lain-lain yang tidak menghargai ilmu pengetahuan maka niscaya kebodohan dan keterbelakangan akan menyertai mereka pula.

Sungguh sangat indah ayat Al-quran yang selalu menyebut ilmu secara berdampingan dengan cahaya. Cahaya adalah penerang di dalam kegelapan, dengan cahaya manusia hewan dan tumbuhan bisa hidup dan kalau kita mau berpikir maka seharusnya kita bisa menterjemahkan apa yang dimaksud oleh Al-quran tersebut dengan menegaskan bahwa sesungguhnya dengan cahaya atau ilmulah maka manusia bisa menjadi orang yang beradab dan terpelajar.

# Agama Sebagai Biang Kerok – Menyalahkan Agama?

42 komentar untuk “Agama Sebagai Penyebab Kemiskinan – Menyalahkan Agama?

  1. agama bukan biang kerok, manusia yg biang kerok..so agama hanya 1, yang lain agama biang kerok..karena bikinan biang kerok.. so mana yg 1 itu? yo jelas yg masuk di akal alias make sense..mudah di praktekan..comprehensive..punya ramalan tepat di kitabnya..tidak ada kontradiksi di kitabnya..sesuai hati nurani..SO PELAJARI SEMUA “TEST” ATU2..!

  2. tak ada satupun agama yg mengajarkan umat/kaumnya salah yang salah manusianya tidak ada agama yang salah di dunia ini, tapi kalau ada suatuajaran yang menjelekan ajaran lain itulah yang disebut agama tersesat tks.

  3. Agama adalah landasan orang beriman,, dan menurutku agama yang paling benar ya agama kristen,, yang mengajarkan tentang kasih,damai & kerukunan anatar sesama tdk seperti islam yg koar 2 ngajak JIHAD.. Membunuh sesama,.. sungguh prilaku bar – bar orang islam itu.

  4. to wawan
    emangnya Amerika yang kebanyakan membunuh ketika perang itu agamanya apa yah ? . mungkin isi artikel ini benar bahwa anda adalah salah satu orang bodoh tersebut.

  5. Ketahuilah…saat ini seluruh dunia tidak mungkin tak mengenal yang namanya jihad !!!
    Bagi anda yg sudah mendengar kata jihad …!ini adalah jawaban atas pertanyaan di akherat kelak…
    Disaat Alloh S.W.T mengatakan “sudahkah datang dahulu kepadamu seruan untuk menyembahku?”tentu anda akan menjawab “yang mana ya tuhan?”
    kemudian Alloh berkata “sudahkah kamu mendengar seruan orang2 yang memerangi suatu kaum disebabkan karena mereka tidak menyembah tuhan mereka?”tentu kamu akan menjawab “JIHAD orang2 islamkah!!!!!!!!”
    di saat itu kita akan menyesal selama-lamanya….
    dan bahkan bisa jadi posting inipun akan menjadi saksi yang sudah terekam dikulit kita…..

  6. jangan di salah artikan jihad adalah perang …
    bukan itu, posting pun bisa di katakan jihad..
    karena jihad itu sebenarnya hanya mengajak bukan perang ataupun bom…
    dan memang banyak sekali di salah artikan…

  7. wah jihad di jadikan senjata ini!definisi kata jihad itu luas, pada masa dahulu kala jihad bukan hanya perang melawan suatu kaum yang ingin memerangi Rasullulah SAW,mencari ilmu yang bener juga jihad,makan juga jihad,minum juga jihad,saya lagi nulis ini juga jihad,kalau tidak mengerti soal jihad,jgn nulis soal jihad pak wawan.agama bukan akar permasalahan dari kesemrawutan dunia. tapi orang-orang seperti pak wawan lah yang membuat dunia jadi tidak tenteram,dan anda yang dimaksud artikel di atas.wkwkwkwk.bukankah agama Pak wawan mengajarkan yang pak wawan sebut yaitu tentang kasih,damai & kerukunan antar sesama,buktinya pak wawan tidak kan!!!di mana kerukunannya,di mana kasih dan damainya,itu kan ajaran bapak,tapi mana aplikasi ke diri bapak! tidak ada kan,konklusinya adalah pak wawan lah segala biang kerok nya!!!heheheheheh (saya punya cermin besar di rumah,siapa tahu mau bercermin)wkwkwkwkw

  8. Menurutku, TIDAK ADA SATU AGAMA MANAPUN YG JELEK. SEMUA ajaran agama2 baik, gak perduli agama apaun. Agama mempunyai dasar keragaman, kasih dan mengampuni.
    Yg salah adalah MANUSIAnya, Yg salah adalah CARA2 MANUSIAnya yg memeluk agama itu dan Yng Salah adalah PENAFSIRAN keliru ttg agama sendiri atau agama orang lain.
    Menurutku, semua agam harus BISA mengajarkan umatnya utk toleransi, toleransi dalam arti, bebas utk keluar masuk agama itu, jangan pakai undang2, jangan mengaitkan negara/politik ke agama atau sebaliknya, jangan memaksa org lain untuk memeluk agama apapun.
    Dengan kata lain, Islam bisa kawin dgn Kristen bisa kawin dgn Buddhist bisa kawin dgn Hindu…atau perkawinan antar agama, TANPA memaksa pihak ke2 utk memeluk agama pihak ke1 hanya karena mau kawin.
    Bukalah tirai yg selama ini membuat Manusianya terkangkang/terkurung karena dia lahir di masyarakat yg kebetulan beragama yg dia tidak sukai.
    Berdoalah masing2 dihati, tanpa koar2, tanpa memanggil org lain utk ikut berdoa, karena panggilan datangnya dari dalam renlung hati yg dalam dan kalau Sang Pencipta memang ingin mahluknya bersembahyang, Sang Pencipta Yang Maha Esa sudah akan menggerakan hati manusia itu utk berdoa.
    Koar2 dipagi, siang dan malam, perduli agama apapun, hanya mengganggu ketentraman sekeliling dan tidak adanya sikap tolerans terhadap agam lain yg mungkin masih mau tidur, sedang tidur atau akan tidur; mau istirahat, mau tenang, mau kesunyian.
    Agama yg baik tidak mengajarkan sifat EGOIS atau mau memang sendiri atau mau benar sendiri.
    Demikian cara pemikiranku.
    Jadi apa bedanya kaum beragama yg munafik, dibandingkan dgn kaum tidak beragama tapi hidup baik dan damai, serta penuh pengertian serta toleransi?
    Kita mau ikut siapa????

  9. Semua Agama adalah mengajarkan KEBAIKAN…..
    Kebaikan itu datangnya dari TUHAM/ALLAH seru sekalian alam….
    Tapi jangan lupa kejelekan juga sama . Coba kalo Tuhan ngga menciptakan Syetan yang katanya biangnya kejelekan …….
    Kan Adam dan Hawa ngga turun dari tempatnya …..dan pasti ngga ada kita2 ini yang berantem buat berebut pingin bener sendiri .. …yang masih katanya itu……

  10. ingat dan makanya baca…baca dan baca tentang yang benar dan kebenaran. bahwa yahudi, kristen(nasrani) dan islam adalah agama yang datang dari satu TUHAN yaitu ALLOH SWT. dan yang harus diyakini bahwa ISlam adalah agama peyempurna dari agama sebelumnya, yahudi dan kristen. dan mengapa saat ini banyak pemuka agama nasrani masuk islam, itu karena mereka orang berilmu dan bisa membaca yang benar tidak seperti merka dengan iming-iming sembako.dan coba renungkan dan tunjukan satu ayat saja jika yesus itu TUHAN. hem..

  11. to haripatwono
    berkata kebenaran bukan berarti menjelekan agama lain, tapi itulah mereka yang sebenarnya tau akan kelemahan dan kejelakan agamanya sendiri….

  12. yg kerok tuch, yg mbesar-besarin “kerok” dlm keagamaan…. agama itu keyakinan kpd Tuhan. Tak ada yg dpt dibenarkan atas apa yg telah dikatakan manusia di bumi ini…. terkecuali ada tendensi.

  13. Beberapa waktu yang lalu saya terlibat perdebatan kecil dengan anak saya yang duduk di bangku SMP. Saya menyuruh anak saya untuk selalu mencari ilmu (belajar), dimanapun dan kapanpun (jangan sekali-sekali menyia-nyiakan waktu), karena menuntut ilmu itu wajib buat manusia. Kemudian anak saya membantah, “Lho pak, bukankah kita hidup hanya diwajibkan untuk beribadah, sholat (sembahyang), membayar zakat, dan ibadah-ibadah yang lain ?” Saya jawab “Itu juga betul nak, tapi bisakah kamu sholat (sembahyang) tanpa mengetahui ilmunya ? Akankah sholat kamu diterima oleh Allah jika kamu melaksanakan sholat (sembahyang) itu tanpa mengetahui ilmunya ?” Lalu anak saya menjawab, “Oh iya yah.” Kemudian saya melanjutkan “Ketahuilah nak, ILMU itu penting. Dengan ILMU seseorang bisa menjadi pandai, dengan kepandaiannya orang tersebut bisa mencapai kedudukan yang tinggi. Adakah seorang direktur perusahaan yang tidak pandai ? Adakah seorang menteri yang tidak pandai ? Adakah seorang pemimpim negara yang tidak pandai ? Nak, tahukah kamu kenapa negara Jepang begitu maju ? Mereka menguasai teknologi dan perekonomian, padahal tahun 1945 (hanya beberapa hari sebelum kita merdeka) negara mereka porak poranda oleh bom atom. Mengapa demikian ? Karena mereka begitu menghargai WAKTU dan ILMU, tidak ada sedikitpun WAKTU yang terlewati tanpa diisi dengan mencari ILMU. Kamu tahu tidak nak, mereka itu bukan orang-orang Islam, bahkan sekarang ini banyak orang-orang Jepang yang tidak beragama, tetapi TANPA disadari mereka menjalankan perintah-perintah Allah (TUHAN) dalam kehidupan sehari-harinya.

    Itulah bukti Al-Qur’an itu HUDALLINNAS (Petunjuk bagi manusia). Meskipun di akhirat kelak kita tidak tahu kedudukan mereka disisi Allah (TUHAN).”

    Kemudian saya melanjutkan “Nak kamu tahu tidak Ibnu Sina dan Al-Biruni. Ibnu Sina (Abu Ali al- Huseyn bin Abdullah bin Hassan Ali bin Sina), dialah peletak dasar-dasar ilmu kedokteran modern yang kita kenal sekarang ini. Ibnu Sina selain terkenal sebagai orang yang ahli dalam ilmu agama dan kedokteran, ia juga ahli dalam bidang matematika, logika, fisika, geometri, astronomi, metafisika dan filosofi. Pada usia 18 tahun, Ibnu Sina memperoleh predikat sebagai seorang fisikawan.

    Demikian juga Al-Biruni. Abu Rayhan al-Biruni adalah seorang ilmuwan besar, fisikawan, astronom, sosiolog, sastrawan, sejarawan dan matematikawan. Dia dipertimbangkan sebagai bapak dari unified field theory (teori segala sesuatu -pen) oleh peraih penghargaan Nobel Profesor Abdus Salam. Abu Rayhan al-Biruni hidup hampir seribu tahun yang lalu dan sezaman dengan Ibn Sina.

    Sekarang mereka sudah tidak ada, tetapi insya Allah mereka akan ditempatkan ditampat layak karena pengabdiannya pada ilmu pengetahuan yang berguna bagi umat manusia.

    Itulah nak bukti bahwa Al-Qur’an adalah HUDALLIL MUTTAQIEN (Petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa).”

    Coba kamu baca Al-Qur’an, dalam salah satu surat, bapak lupa lagi surat apa, Allah (TUHAN) berfirman : Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu.”

    Lalu anak saya berkata, “Seru juga ya pak ceritanya, udah ya pak Aa mau bobo dulu”, “Lho kamu disuruh belajar kok malah mau tidur, gimana sih ?” Tanya saya. “Abis, bapak kelamaan sih ceritanya…” jawab anak saya sambil ngeloyor ke kamarnya ….

  14. Kalau diributin terus soal agama, masing2 bilang benar..masing2 ngutip dari kitab sucinya sendiri, yeah udah…ngapain ngobrol lagi? toch itu sudah jelas menampakan diri sebagai umat beragama yg tidak mau ngerti agama lain atau orang lain.
    Mendingan jangan percaya apa2. Kalau Tuhan itu Maha dalam segala2nya, maka IA juga Maha dalam keahlian mencekcokan kita dan Maha dalam keahlian membuat kita terus2an saling berperang mulut.
    Dimanakah dan kapankah Tuhan akan melampiaskan Maha KeadilanNya?
    Atau Tuhan sudah Maha Masabodo????????????????????? dan Maha Lepas Tangan?

  15. jujurlah dan pelajarilah dari setiap agama, permasalahan baik dan tidaknya suatu agama telitilah dengan akalmu…dan jangan pake nafsumu……..
    agamamu dikatakan benar bukan dengan membahas manusia ataupun hal yang ghaib tapi kita dapat mengetahui kebenaran suatu agama dilihat dari kitab tiap – tiap agama tersebut…apakah ia relefan dengan kenyataan pada alam(fakta)dan firman dari tiap – tiap kitab tersebut(data) atau sebaliknya….
    carilah kebenaran dan jangan kita mengumpat…..
    sebab kita tidak akan mendapat kebenaran dengan saling emosi, teriak, ataupun berdebat………..

  16. @maulana ibrahim : “jujurlah dan pelajarilah dari setiap agama, permasalahan baik dan tidaknya suatu agama telitilah dengan akalmu…dan jangan pake nafsumu……”

    gw se7 banged….

    |– Ya -> Percaya
    Pelajari -> Masuk akal ? -> |
    |– Tdk -> Jgn. percaya

  17. duh….kok berantakan yakz….maksud gw gini lho :

    Pelajari, kalo masuk akal -> percaya, kalo tidak masuk akal -> jgn. percaya…

    trims….

  18. Saudra,agma it adlh nyta. Islam it nyta. Bkan khylan. Ajarn agma islm it mtlak menrut khdpn kta sbgai mkhluk sosial. Memang bxk yg mengklaim it. Itu krna mreka tdk fham dg islam. Atau tdk mau fham dg islam. Tlg gali lagi tman2. Krna sunggh allah it tdk memksakn khndk kta untk memluk agma lain. Namun kbnaran it tlh tmpak xta. Agma mana yg bnar. ! Trmksh

  19. Org mungkn bxk brbcra tentng islam it agma miskin. Bxk pemeluk2 agama islam it miskin.
    Saudaraku. Cba anda teliti. Pexebab kmiskinan it apa ? Apkah krna merka brgama islam ? Atau merka hx bragama islam tetpi tdk hidp dlm garis2 islam ?
    Ikhwan. Bxk pemeluk islam it org 2 miskin knapa ? Krna wlpun tnpa uang, manusia manapun bsa menjdi seorg muslim. Agma yg tdk memandg sgala sesuat dg pndngan materi. ! Apakh sma halx dg agma lain. ? Tlg d pertmbngkan. Skrang apkh ada ulama’ islam yg bnar2 brpgang tgh kpda islm hidpx melarat ?! Kalau ada saudara ktmukan. Tlg krmkan sy nomr rekening anda. Sy brani mentransfr sjumlh hrta sy untk anda.

  20. bos…agama tuh nggak untuk pamer kekuatan
    itu tuh adalah kepercayaan, g bisa dibanding-bandingkan
    klo dibanding2in g bakal k’temu kesepakatan….

    jd g ada yg bner ataupun yg salah, yg ada mslhnya orang yg mengaplikasikan agama itu, klo orangnya ruwet…y maaf saja penafsirannya thdp agama bisa salah….
    so, jd umat beragama yg objektif aja, jgn terlalu eksklusif

    ^^ salam

  21. aku setuju banget ama ijul.
    Agamaku agamaku, agamamu agamamu,
    jangan dibandingkan jangan didebatkan.
    kalo semua menjalankan agama masing2 dengan baik
    dan mau menghargai perbedaan keyakinan,
    pasti gak da ribut lagi.

    dah damai deh damai….. kan enak…^oo^

  22. Kebenaran dtngnya dr dlm ht yg diberi Hidayah Suci. Kebnaran akan mmpu mnglahkan segalanya. Yakin kpda-Nya adalah pilihan bijak para pemikir agama.

  23. ah pa wawan, cobain aja deh rasanya islam kaya gmn?…lah wong blum tau agama islam dah nyletuk….membunuh itu sesuatu yg diharamkan pak wawan…jangankan membunuh manusia, membunuh hewan aja dilarang kecuali yg dianjurkan seperti tikus, hama, dll, adapun mereka yg melakukan bom bunh diri, perlakuan mereka itu salah
    lah wong di dalam alqur’an ada suatu ayat yg artinya kurang lebih sprti ini,
    “ajaklah umat manusia ke jalan tuhanmu (allah swt) dngan cara yg bijaksana, dan nasehat yg baik, dan bantahlah mereka (non muslim) dengan sesuatu yg lebih baik”
    trus gmn mereka penganut islam yg miskin, pak wawan ini seperti melihat hutan tertutupi oleh satu pohon, pemilik mencester city oarng muslim terkaya loh pak wawan, liverpool fc aja klo ga ditahan pemerintahan inggris pasti sudah dibeli orang muslim,
    saya mohon pak wawan don’t jugde the book from the cover

  24. ingat sobat,,agama mana pun tidak bisa menjamin kebaikan umatnya,kita sebagai umatlah yg hrs meyakini ajaran agama itu baik,,agama hanya sebuah pegangan hidup dalam menjalani karma kehidupan ini tidak lebih dari itu,kebaikan dan kejahatan itu peran dari umat bukan agama…

  25. Kan Mereka Kaya duluan
    surganya di dunia
    gimana sih biar aja mereka bilang gitu
    dan wajar aja karna dia adalah syaitan yang mencari teman di Neraka kelak

  26. Agama=Ageman=Panoto Gaman
    Hanya alat menata diri agar tidak bingung-jangan buat aneh2
    Kalau masih bingung/kerok segera hubungi Banyumataram—beres too

  27. JIHAD = itu artnya perjuangan dijalan Tuhan ALLAH dengan sungguh sungguh jangan disamakan dengan TERORIS sedangankan teroris bukan ajaran Islam .
    Jihad dalam keadaan Negara damai berjuang untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan.
    Jihad dalam keadaan Negara dalam konflik dan Islam diganggu wajib perang angkat senjata baik wanita maupun laki laki.
    ajaran Jihad itu mulia karena perintah Agama dan hukumknya wajib bagi yang berakal dan beriman.

  28. Salam. Mari kaji s. al Baqarah Q.S. 2: 253. Setelah Allah memunculkan Nbi-Nabi mustinya dunia damai dan tak ada afair “saling berbunuh-bunuhan” tetapi nyatanya MALAH semakinmarak manusia yang beragama saling bunuh, karena apa? Konon akhli politik , itu disebabkan lain KEPENTINGAN duniawinya saja, lalu masalah agama dibuat alasan begitu..’ Kalimat akhir diayat ini : ” Dan kalau Allah menghendaki, niscaya mereka tidak berbunuh-bunuhan, tetapi Allah berbuat apa yang DIa kehendaki/”
    Lho peperangan juga dikehendaki dan diizinkan Allah, buktinya afair itu TERJADI. entah karena alasan agama atau alasan yang lain. Jadi bagaimana sesungguhnya masalah ini? Kiranya baik kembali saja di s. at Taubah Q.S. 9: 51. dan hanya kepada Allah orang MUKMIN bertawakal. Artinya yaa mau damai atau perang atau bencana alam atau ada wabah dan kelaparan … dijalani saja dengan TAWAKAL atau bagaimana yang benar dan BAIK sikap hidup manusia yang berfikir ini ? Lho lho lho apa-apan ini semuanya kok seprti ini? Yaa inilah planet bumi kita dengan gejala dan kejadian-kejadin yang macam-macam, ada yang menyenagkan hati ada yang menyedihkan, ada yang indah dan ada yang seram mengerikan. Kok ? mau apa lagilaah? Tidak tahu? Aaakh tahuu, masa tidk tahu…, sungguh orang tidak TAHU apa to sesungguhnya peristiwa-peristiwa dalam sejarah hidup ini. Orang boleh berpendapat sendiri : ” begini… begitu.. ini yang benar itu salah dan ada yang saling mengasihi ada yang saling mendengki seperti antara ARab dan Yahudi, kolonialis dan bangsa terjajah, antara buruh dan kapitalis, antara penguasa otoritarin dan manusia yang kerakyatan dst, dst. Yaaa biar saja sejarah umat mansuai berjalan terus melalui perkembangan tahab demi tahap, Kadang terasa mundur kadang maju, kadan harmonis kadang kaca-balu.
    Memang begitu saja kejadian itu terus berjalan dengan macam-macam fariasinya. Ada musim becek ada musim kering, ada musim panas ada musin dingin… semua ada wakyunya ada musimnya sendiri-sendiri. Gitu aja kok repot. Hendaknya itu semua dimaklumi saja. Kita MAKLUM akan kekuasaan Allah Yang Maha Besar… dan lho kita tetap ada didalam Dia yang Maha Besar itu, Atau bagaiman? Kita boleh menjawab sendiri-sendiri semampu-mampu akl-budi-nurani masing-masing. Ya su-daaaag MERDEKAAA.

  29. islam itu ad-din yang selamat,dan damai..islam tidak pernah mengajarkan kekerasan,tetapi islam mengajarkan untuk membela dan mempertahankan islam.berjihad merupakan usaha untuk memprtahankan umat islam serta wilayah hukum islam dari sernagan musuh..umat islam HANYA di ijinkan perang hanya untuk mempertahankan diri apabila diserang DULUAN..saya rasa bukan islam saja,suatu negara juga memiliki kekuatan militer yang memerintahkan kemiliterannya untuk mempertankan kedaulatan bangsanya..

    ,islam itu bukan seperti teroris yang merasa dirinya paling benar di sisi allah.. islam itu bukan orang yang menjelekkan agama lain ,sehinga agama lain balik mengejek islam sendiri..bukan seperti itu yang di contohkan rasulullah..

    islam itu suatu sistem yang mencakup semua unit kehidupan,dimana antar unit saling berkaitan dan berkesinambungan..
    ..islam itu tidak hanya sholat zkat puasa haji saja ,tetapi semua aspek kehidupan,baik ideologi,sosial,ekonomi,politik,dll..klo semua sistem kehidupan dilaksanakan berdsarkan islam insya Allah kita akan selamat sama halnya ketika tegaknya sistem islam pada peristiwa fathul mekah,peradaban yang maju,dan semua umat beragama hidup berdampingan dengan tenang..

    jadi jelaslah mana yang islam dan yang mengaku ngaku islam..dan jangan lagi mengidentikkan islam dengan teroris dan kemiskinan .bahkan ketrbelakangan..

  30. Kalau mau jujur dab berani, katakan saja semua kembali kepada Sang Pencipta. Tak ada KEKEROKAN yang muncul dimuka bumi kecuali dengan IZIN Allah Sang Pencipta… yaitu The God of Wrath. Biang Kerok itu bukan menyembah Yang Rakhman dan Rakhiim melainkan menyembah The God of Wrath. seperti penyembah Bathara Syiwa.. bukan Bathara Wisynu … engkaliiik? Tapi mau menyembah APA SAJA ya sama saja, semua akhirnya innalillaahi wa innaillaihi rooji’uun. Mangkanya kalau mau FAHAM… baca dan fahami abjad Jawa. ho no co ro ko artinya ada utusan, kita semua utusan dimuka bumi, Lha yang mengutus siapa… bisa juga setan, malaikat, Tuhan Yang Maha Esa bisa jadi Yang Rakhman Rakhim tetapi juga bisa The God of Wrath. Sebenarnya banyak sesembahan dari mulai batu, kayu, dewa-dewa imajiner, jimat-jimat dan hantu bahkan. Kan HANTU dibalik hurufnya menjadi TUHAN. Memang manusia tak akan tahu selama-lama apa sesengguhnya keramaian hidup yang RAMAI-ONAI dimuka bumi ini. Lalu mau apa? Mau ATHEIS silahkan mau IMAN silahkan baca Q.S.18: 29; Q.S. 91:8. Lho sudah jelas begitu … mau apa lagi? ADa yang stel kendor ada yang ngotot ya silahkan saja.
    Tokh AKHIRNYA semua tammat, mo go bo tho ngo. Kembali menkaji abjad huruf JAWA dan semua akan menjadi orang JAWA ( men of undrstanding, de verstandigen.) Wiiiis ngono baelaah. Kok REPOT. Menjadi orang yang santun dan bermasyarakat secara adil dan beradab, CUKUP. Kaji ulang baik-baik Q.S. 16: 90. Q.S. 43: 32. Q.S. 2: 269 dan… O.K. Seklali hidup dimuka bumi tidak kebingungan lagi. Bersyukur teruuus dengan al Fatehah bagi yang meyakini ajaran agama Islam. Yang Budha berfikir yang benar, berkata yang benar berbuat yang BENAR, Bersihkan hati SENDIRI masing-masing. Jang hato orang diobok-obok, padahal hati sendiri “kayak apa keadaannya… huh… campouran antara DENGKI.. JAHAT. jahil methakhil… Lha inilah BIANG KEROKnya, bukan agamanya nduuul. AGAMA itu baik-baik saja seperti SUSU, tapi kalau susu sudah busuk diminum yaa orangnya MENCRETT, perutnya kembung dan MAMPUIKlaaah. Salam.
    Sebarkan SALAM bukan sebarkan kedengkian dan sebarkan BOM dan memberondong orang tak berdosa kekanan dan kekiri, Itu namanya orang GELO , bukan orang berAGAMA.
    Sekali lagi fahami dan hayati Q.S. 2: 269. dan berbuat baiklah kepada sesamamany ” FASBIQUL KHOIROOT.”

  31. pda dasarnya smua agama mengajarkan umatnya untuk berbuat KEBAJIKAN…
    dan ALLAH tdk pernah memerintahkan umatnya untuk saling MEMBUNUH….
    tpi memang ada beberapa org yg menyalah artikan FIRMAN2 ALLAH dan SABDA2 para RASUL ALLAH…
    aku mmg krg tw masalah perbedaan agama A,agama B,dan agama lainya tpi sebagai manusia biasa aku hanya percaya klo ALLAH itu ada dan ALLAH g prnh mengajarkan umatnya untuk melakukan hal2 yg SESAT…jdi klo qta punya kepercayaan yg bbeda dgn kepercayaan org lain ya HORMATI saja dan tdk usah slg MENJELEK-JELEKAN kepercayaan orang.ALLAH jga mengajarkan umatnya untuk saling MENGHORMATI dgn sesama umat manusia…

  32. To. Vincen
    ooo.. jadi Vincen selama ini terganggu dgn azannya umat islam ya. emang begitu kl manusia sudah sesat Allah akan terus menyesatkannya tanpa ampun.seperti km itu ada azan/ panggilan ga mau dgr, ada petunjuk ga mau ikut’ ada nasehat merasa pintar sendiri itulah ciri2 orang munafik
    kl km ada yg manggil berarti yg manggil ada tujuan km ga noleh berarti km sombong.halnya km mau makan tp km diam saja berarti km bodoh.n panggilan azanpun ga pernah maksa siapapun.hanya mengingatkan orang 2 yg sadar akan pemberian Allah sprtnafas yg ga bisa d itung tiap harinya.
    Vincent ingat hidup adalah pilihan apapun yang km ambil Allah ga rugi n ga butuh km n semuanya ada konsekwensinya km th itu

  33. Karena Islam jln yng lurus jd org muslim ga boleh menikah dgn orang beda Agama,karena islam semua harus sejalan.n jgn ga mau d atur jd manusia.pindah agama bolak balik kaya ke WC,ada aturan aja manusia sudah seperti binatang gimana kl ga ada coba sampeyan pikir

  34. semuah yg di tuli di atas tuh salah………..
    walaupun negara muslim miskin-miskin tpi ingat g” pa2 miskin di dunia yg penting di akhirat tu kaya… harta di dunia ini hanyalah ilusi dan g” nyata
    jusru umat kristen tuh bodoh menyembah koQ ma patung…
    orang kristen tuch berdoa dan bersembayang di gereja tuch sia-sia, tidak dapat pahala malah nambah dosa…
    hey para umat kriten bertobat lah yg kalian sembah ituh salah yg seharuzx kau sembah ituh allah bukan yesus…. kalian tuh sudah syirik dan menyekutukan allah, allah g” akan mengampuni orang yg menyekutukan allah.. tiada tuhan selain allah..
    hidup islam …. keneraka adja orang kristen yesus koQ di sembah dasar goblokk !!

  35. to mas tejo. eh mas tejo la mbok jangan maki2 keyakinan orang lain hargailah kyakinan mereka itulah yg dajarin kanjeng nabi.. kan wis jelas manusia tuw dberi kbebasan oleh Tuhan untuk memilih dan berkeyakinan karena Tuhan mengakui kmuliaan manusia tdk sperti hewan. masalah surga neraka benar salah itu hak peogratif(eh bner gak tulisannya hi hi..) Tuhan. itulah yg kupahami dr islam

Leave a Reply

Your email address will not be published.