Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan?

Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan
Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan

Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan – Kita sering mendengar disekitar kita kalimat-kalimat seperti ini : ” ILMU gue ga nyampe” , ” Gue TAHU dong ” , ” Gue ga PAHAM” dan lain-lain…

Sekarang , yuk kita teliti apakah yang dimaksud dengan kata “ilmu”, “tahu” dan “paham”.

Mari kita lihat…

Sebelum meneliti kata “ilmu” perlu kita bicarakan dulu teman dekatnya yang sering menjadi “pemicu kesalah pahaman” tentang satu perkara per perdefinisi, yaitu “Tahu” atau Pengetahuan.

‘Ilmu’ dan ‘Pengetahuan’ adalah 2 hal yang mempunyai arti dan maksud yang berbeda. Ilmu dalam bahasa inggrisnya adalah “science” dan Pengetahuan adalah “knowledge”

Sehingga JELASLAH bagi kita sekarang untuk membedakannya, Pengetahuan adalah hasil kerja fikir (penalaran) yang merubah tidak tahu menjadi tahu dan menghilangkan keraguan terhadap suatu perkara.

Lha? Maksudnya apa niy?

Maksudnya, mari kita lihat contoh 🙂

Misalnya, Mat Peci pergi memancing….

Disitu Mat Peci TAHU persis pelampung kailnya selalu terapung. Mat Peci g akan membantah kalau ada yang mengatakan pelampung kailnya tenggelam. Yang demikian namanya ‘pengetahuan’ bagi Mat Peci. Bagi Mat Peci sudah tidak ada keraguan lagi tentang mengapungnya palampung kail, walaupun dia dipengaruhi oleh gurunya yang mengatakan pelampung kail tenggelam, Mat Peci tetap akan bersikukuh untuk mengatakan terapung.

Jika setelah mendengar perkataan gurunya, Mat Peci g kemudian terpengaruh atau ragu tentang pelampung kailnya, maka sesungguhnya Mat Peci tidak lah tahu sama sekali tentang pelampung, Mat Peci tidak memeiliki ‘Pengetahuan’ tentang pelampung.

Baca juga :   Prinsip Non Kontradiksi Prinsip Dasar Logika untuk menepis Keraguan

Apakah yang dimaksud dengan ilmu?

Kalau kita ambil contoh diatas, misalnya sekarang Mat Peci mengetahui pelampungnya bisa mengapung karena berat jenis (BJ) pelampung lebih kecil dari berat jenis (BJ) air, sehingga menyebabkan pelampung menjadi mengapung, maka ini lah yang disebut ‘ilmu’ bagi Mat Peci .

Jadi perdefinisi bisa kita lihat, ‘Pengetahuan CUKUP puas dengan hanya menepis keraguan terhadap satu perkara’

Sedangkan ilmu tidak berhenti hanya pada pengetahuan saja, tetapi mampu menangkap asal-usul pengetahuan itu sendiri. Rangkaian cerita, mulai dari pelampung yang mengapung, sampai dengan bagaimana terjadinya pelampung mengapung, dan bagaimana cara kerja berat jenis (BJ) inilah yang disebut dengan ‘ilmu’

Dalam pengetahuan modern, ilmu dibagi atas 2 kelompok, yaitu kelompok a posteriori (pengetahuan yang diperoleh dari eksperimen/pengalaman indrawi) dan kelompok a priori (pengetahuan yang TIDAK diperoleh dari percobaan/eksperimen) TAPI bersumber dari akal itu sendiri.

Dengan penjelasan diatas, seharusnya sekarang kita sudah bisa membedakan dengan mudah apa yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan?

# Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan by Mat Peci  |   Apa yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan   Posted at www.imankha.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.