Perjalanan Bersama Tuhan – Perjalanan Rohani Menurut Mulla Sadra

Perjalanan Bersama Tuhan
Perjalanan Bersama Tuhan

Perjalanan Bersama Tuhan – Mulla Sadra menggambarkan bahwa manusia mencapai kearifan tertinggi haruslah melewati empat tahap perjalanan rohani yang semuanya terangkum dalam rangkaian filsafat yang dikembangkannya. Empat tahap perjalanan tersebut antara lain :

Perjalanan Pertama : Perjalanan dari makhluk menuju Tuhan (Safar min al-Khalq ila al-Haq).

Pada tingkat ini, perjalanan yang dilakukan adalah dengan mengangkat hijab kegelapan dan hijab cahaya yang membatasi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Seorang pejalan spiritual harus melewati stasion-stasion, mulai dari stasion jiwa, stasion qalb, stasion ruh dan berakhir pada maqsad al-aqsa.

Pada tahap ini perjalanan ruhani baru dimulai dari pelepasan diri dan bergabung menuju Tuhan. Dalam perjalanan pertama ini adalah gambaran dari upaya pejalan spiritual mengangkat kesadarannya dari realitas makhluk lewat pembahasan wujud dalam makna umum dan juga tentang hukum-hukum ketiadaan, entitas, gerakan material dan sustansial serta intelek.

Perjalanan Kedua : Perjalanan bersama Tuhan di dalam Tuhan (Safar bi al-Haq fi al-Haq) .

Pada tahap ini seorang pejalan spiritual memulai tahap kewaliannya, karena wujudnya telah menjadi diri-Nya dan dengan itu dia melakukan penyempurnaan dalam nama-nama agung Tuhan. Tingkat ini adalah tingkat penyempurnaan teologis seorang pejalan spiritual.

Perjalanan Ketiga : Perjalanan dari Tuhan menuju Makhluk bersama Tuhan (Safar min al-Haq ila al-Khalq bi al-Haq).

Dalam stasion ini seorang pejalan spiritual menempuh perjalanan dalam Af’al Tuhan, kesadaran Tuhan telah menjadi kesadarannya dan menempuh perjalanan di antara alam Jabarut, Malakut dan Nasut serta menyaksikan segala sesuatu yang ada pada alam tersebut melalui pandangan Tuhan. Pembicaraan pada tingkat ini meliputi proses penciptaan dan emanasi yang terjadi pada intelek-intelek.

Baca juga :   Irfan dan Tasawuf dari Sudut Pandang Akademis dan Sosial

Perjalanan Keempat : Perjalanan dari makhluk menuju makhluk bersama Tuhan (Safar min al-Khalq ila al-Khalq bi al-Haq)

Pada tahap ini perjalanan penyaksian seluruh makhluk dan apa yang terjadi padanya di dunia dan akhirat serta mengetahui perjalanan kembali menuju Allah dan bentuk kembalinya serta azab dan nikmat yang akan diberikan Allah pada mereka.

18 komentar untuk “Perjalanan Bersama Tuhan – Perjalanan Rohani Menurut Mulla Sadra

  1. Ngawur banget tuh orang… spiritualits jauh dari seks… bahkan saya anggap seks sebenarnya hanya pembuangan residu “mesin” manusia. Tuhan maha kasih, dia menciptakan pembuangan itu demikian nikmat sampai lupa bahwa itu adalah “residu”. Sambil lalu diplotkan sedemikian rupa sehingga menjadi sarana reproduksi. Kita terbiasa orgasme jasmanih, tidak sampai orgasme spiritual. Hati-hatilah bhwa dikontek ‘gaib’ ini banyak tipuan, sex jauh dari nafsu jika kita mampu memanage sebagai sebuah kerinduan antara maaf ‘pesona’ Tuhan dalam diri laki-laki dan ‘pesona’ Tuhan dalam diri perempuan. Sedangkan spiritualitas murni ‘ruh’ (tak terwakili kata2) yang merupakan urusan Tuhan (min amri Robbihi), jelas sebenarnya justru spiritualitas tak butuh ‘fisik’, sementara sex sangat butuh alat fisik. Kalau statement ‘suka-sama-suka=halal’ standarisasinya sangat repot. Faktor lahiriah lebih banyak mendominasi penilaian suka-sama-suka bukan? mungkin kn sangat panjang bila diuraikan. Tapi penulis yakin bahwa Tuhan (dan spiritulitas sebagai pintunya) sangat jauh dari makna fisik. Sedulur Papat Lima Pancer… hati-hati yang menipu kita adalah saudara kita sendiri Oke?

  2. saya minta izin bwt sharing tulisannya,,
    mudah-mudahan dibaca lebih luas lagi oleh semua teman-teman..

  3. Pandangan yang anda pakai selalu dari sudut pandang islam bukan dari sisi filsafat yang sebenarnya, sedangkan islam sendiri sempat pro kontra dengan ilmu filsafat. kemabli ke topik, apakah sex selalu berhubungan dengan hal-hal yang negatif?. manusia dilahirkan untuk tahu jatidirinya, bukan menghakimi apa yang sudah diciptakan tuhan.
    pandangan timur memberikan pandangan yang sangat luas yang tak dapat dijangkau oleh pemikiran islam. jika tidak ada dalam islam, maka pandangan tersebut langsung ditolak, tanpa ada keinginan untuk menggali lebih jauh lagi. seksualitas sangat berhubungan dengan spiritualitas. energi sex yang ada akan sangat membantu manusia dalam mengetahui jatidiri nya. namun jika dilampiaskan dengan hubungan badan, ini akan lain ceritanya.apalagi berpoligami…uuuhh sangat tidak etis. makanya seorang yogi di India, lebih banyak yang tidak menyianyiakan energi sex nya dengan mengumbarnya kepada kaum hawa. dengan seperti inilah kebenaran yang benar2 merupakan kebenaran akan terungkap dan disajikan dalam sastra.

  4. SEX dan SPIRITUAL ? Q.S. 7: 172. yang bertanya didalam ayat ini ialah NAFSU SEX atau nafsu senggama, yang dipertuhankan oleh sepasang asyik dan masyuuk, mereka sepasang yang menuruti PERINTAH bersenggama. Jadi bukan Allah s.w.t. Ngapain Allah s.w.t. betanya begitu. Tidak usah bertanya orang yanbg WARAS akalnya tahu bahwa Allah Maha Besar itu, mencakup segala ruqang dan waktu dan segala gejala yang bisa ditanggapi orang. Kemaha beasranNya menjadikan tak ada sesuatu apapun yang masih ketinggalan dan ada DILUAR Allah Maha Besar. Allah bukan sesuatu yang bertankhta di LANGIT keberapa kek. Sebab kalau Allah bertakhta maka DIA tidak maha besar. Gagasan yang nggeladrah itu seperti , ceritera bahwa BUMI ini didukung oleh KURA-KURA, dan kura-kura pendukung bumi didukung oleh kura-kura yang lebih besar lagi dst. Lhoo alangkah kekanak-kanak orang yang masih begitu POLA GAGASANNYA, Itu hanya fantasi kanak-kanak. Juga issue tauhid dan musyriq sudah ANAKRONIS, mebngapa terus diributkab. Seperti orang diwarung debat-debatan mau menang dan benar sendiri Silahkan KAJI baik-baik s Ibrahiim Q.S. 14: 15, 16, 17. orang yang bisaranya mau benar dan menang sendiri saja, *UCAPAN GAGASANnya memuakkan seperti air nanah yang tak layak ditelan orang, dan akhirnya mereka dijebloskan keneraka janannam. Dan lho MAUT sudah mengepung mereka dari segala penjuru. Dan itulah nasib manusia dibumu semua sudah dikepung MAUT dari segala penjuru tetapi “tidak menyadari:, karena teruuus mau BENAR dan MENANG sendiri saja, Orangporang DEGIL itu ditetaokan Allah mengunjungi neraka s. Maryam Q.S. 19: 71. Al Quran itu BENAR, penafsir alQuran dan pengikut-pengikut juru tafsir itu lah yang nggeladrah. Semoga tulisan ini dibaca banyak orang, terutama umat muslim yang keadaannya sekarang morat-marit, dan teruuus mau BENAR dan MENANG sendiri-sendiri. Dan jual KECAP yang sellu “nomer WAHID.” Mereka mengobral salam kekanan dan kekiri tetapi , nyatanya saling cakar dan baku bunuh, menjadi teroris kek, menjadi tukan omong besar seperti di peringatkan Allah di s. al Baqarah Q.S. 2: 204; al Munafiquun Q.S. 63: 4; dan yang lebih konyol lagi yang mengobtal SUMPAH PALSU di s. an Nhl Q.S. 16: 92. Masih banyak lagi ayat-ayat di al Quran yang SESUNGGUHNYA memperingatkan uamat manusia sebagai RAKHMATAN LIL ALAMIIN. Tetapi mereka malah sudah bersekutu dengan AZAB karena kebanyakan benci kepada KEBENARAN. s.az Zukhruf Q.S. 43: 39, 78. Coba mari kita kaji ulang yang SABAR dan tidak menyimpan rasa DENGKI mau benar dan menang sendiri saja.

  5. ngawur, semua kegiatan tanpa landasan yang mapan tak kan sampai tujuan yang sebenarnya. Anand adalah salah seroang yang tak beragama, ia peramu agama dari berbagai agama, laksana peracik obat-obatan. Agama bukan saduran, agama harus memilki konsep keyakinan yang benar, tanpa adanya konsep kebenaran tidak bisa dinyatakan agama. Masing-masing agama memiliki konsep benar dan salah. Benar dan salah sering berbeda, dalam Agama yang dibenarkan adalah mengakui adanya keanekaragaman dengan kata lain “Setuju dalam Ketidaksetujuan” agree in disagreemen.

  6. Klo aku sih oke-oke aja ama conect and conact(Surga itu kan ada di bawah kaki ibu dan di bawah puser istri)heheh. Yang jelas Isalam ga ngelarang pernikahan ga seperti Buda yang nglarang biksu-biksunya untuk menikah atau Nasrani yang nglarang pasturnya menikah walaupun konon ada pastur-pastur yang kucing-kucingan sama Tuhannya dalam buat ngawinin biarawati. Sampe tingkatan spiritual apapun umat Islam tetep dibolehkan menikah. Bahkan dalam hadis di jelaskan bahwa Allah memberikan memberikan pahala kepada suami istri yang melampiaskan hasrat dengan catatan semua itu dilakukan sesuai norma dan semakin intim hubungan itu semakin gede juga pahalanya (walopun aku g suka orang yang itung-itungan soal pahala sama Tuhannya)… Yang pasti Allah telah melengkapi kita dengan hasrat birahi tidak lain untuk di salurkan(kepada pasangan bukan sabun mandi hehehh…)… Kalo kamu jijih dengan sex sebaiknya kamu jijih dulu dengan diri kamu yang berasal dari hubungan sex…

  7. Salam. Mumpung masih pada HIDUP, belum terlalu pikun yaa ayo omong-omongan semaunya, semampu-mampu mikir dan ngomong. idak mengapa. Ngomong itu sinonimnya begini: kalau yang ngomong Gusti Allah disebut ber-Firman, kalau Raja ber-Sabda, kalao orang biasa daging dan tulang dengan seketul otak dan sebuah jantung yang masih berdetak-detik… ada yang PIDATO, khitbah, kasih Wejangan, men-dalang, ceritera, umuk, kalau orang kurang waras yaa NGOCEH seperti burung. Bahasa Sundanya orang-gila itu jelma burung. Nanti kalau sudah kiamat lha … lihat seperti semut disemprot BayGone.. pating jekethang.. Yaa kalau masih hidup omongnya muluk-muluk, gemar UMUK. Lhooo kok ya adaa saja orang yang mau ndengerin, hanyut pada omongan orang dan menjadi pengagumnya.
    Dasar manusia itu suka LATAH, bodoh dan bengis . Itu Allah lho yang berfirman di Q.S 33: 72. Coba baca didalam al Quan! Laha gitu saja kok berbelit-belit, begini-begitu.. malah ada yang ngotot kalau dibantah… eee marah. Dasar orang pada bento semuanya. Mau menunggu mati saja ulahnya gak karu-karuan. Sudah gitu tawuran, perang, membentak-bentak orang yang tak berdaya, seperti yang lagi ngusirpedagang kaki-lima dan menghancurkan lapaknya, mengobrak-abrik dagangannya. Aaaakh alangkah guoblognya orang orang itu, Ada yang menjadi aparat negara kek, tukang bajay kek, apa saja kok semuanya pada BENTOOO yaa? Apa-apaan to ini semua. Coba renungkan dalam-dalam. Apakah ini bukan kesia-sian diatas kesia sian? Ooo tidak kata santri yang membaca Q.S. 3: 191 Ya betul, peganglah itu erat-erat sampai mati. Tokh sama saja berpegang atau tidak berpegang pa da FirmanNya yaaa mati juga. Orang Eskimo mati, Arab .. mati, Melayu mati semua akhirnya MATI. Kalau masih hidup kok pada NGOTOT dengan kebentoannya masing-masing. Yaa tidak ada yang sia-sia dengan ciptaan Allah. Yakin dan merasa diciptakan Allah boleeeh, merasa muncul sendiri tanpa sepengetahuannya yaa boleh. Mengapa tidak. Nah inilah ocehan aku orang tua umur 78 tahun…. yang juga boleh dibilang bento. Mengapa tidak mau dibilang bento? Tidak ada yang tidak BENTO… kecuali Gusti Awllooh… lah bilang begitu siapa yang ngelarang… mosok nanti digebugi malaikat di akherat? Tapi selagi didunia selalu saja dibilang oleh para santri…. aku ini orang KAFIRRR, atheis, calon penghuni neraka jahannam. Yaaa boleh saja wong cuma mengatakan begitu saja… mengapa tidak? Tapiii yang jelas selama bermasyarakat dengan sesamanya BUDHI PEKERTI itu lhoo perhatikan, Jangan hanya ngamuuuk saja kerjanya dan mengkafir-kafirkan orang yang tidak sama ibadahnya. Kalau kacau terus ya sebaiknya dibentuk saja semacam KENPETAI yang boleh mengkaploki orang-orang bento yang cerewet, apalagi sudah cerewet KORRUPSI lagi Waaah ini benar benar pantas di sanurai lehernya biar tidak mengiotorpergaulan hidup masyarakat. Sudah dipilih, digajih besar dipercaya kok masih KORUPSI…. naaa naaa ini sampah masyarakat yang wajib disapu bersih dan dibakar di pembakaran sampah atau dijadikan KOMPOS untuk menyuburkan tanaman. Giiila… kok jaman EDAN belum usai yaa? Sak beja-bejane wong edan isih bejo sing ELING lan Waspodo.
    Ya susdah begitu sajlah mundak kedowo-dowo. nJelehi. flowe kull , platitudes, ndobooosss, BOHOONG semua. Bahasa eufemismenya…. semua MAYA, semu.. , tidak senyatanya… ya bohong itulaaah. Ya su-daaaag.

  8. Wew… hebadddd ni-ni coment terahir yang gw tunggu-tunggu yang paling top and unik trus ga nyambung….. Gwa salut tuh ama om Kidi yang rela ngetik panjaa____aang bangat cuma buat coment yang g mutu and g nyambung….. Manteppppppp……. mendingan om bikin blog sendiri judulnya jaman edan (sesuai gaya penulisan om yang acak-acakan kaya saya)…. Coment sepanjang tu kan udah bisa dibikin satu artikle sendiri di blog barunya om……. Good luck ya om, Om emang keren And g nyambungan ssssssiiiiiiipppppppppp………

  9. Salam. Orang itu suka EWO, kalau lihat, dengar, barang atau omongan orang lain… cepat aja melihat kekuarangannya. Mau jangan ada orang yang lebih keren dari dirinya. Ooo kok gituu. Yang gak nyambung kek, nggak goblog kek. Adaaa saja. itulah golongan Da-ni-el Wa lu-yoo.
    Nek dikandani ngeyel bantahane WATON SULOYO. Ginilho sebenarnya aja nih. Kita semua ini hasil dari perbuatan NGESEX orang tua kita. Inilah hubungannya SEX dan SPIRITUAL, kalau nggak ada SPIRIT atau nafsu SEX…. sapai atau wedus saja yang mustahil punya anak. Gitu lhoo. Jadi jangan sok SUCI… mengharamkan masalah SEX dengan SPIRITUAL. Ya manusia itu sekali NGSEX tetap NGESEX. Sekali GUOBLOG tetap GUOOOBLOG selama-lamanya Kaji baik-baik apa Firman Allah di s. al Ahzaab Q.S. 33: 72. manusia itu amat bengis ( ugal-ugalan, keterlanjurannya ya biadaaab itulah.) dan apa? BENGIS, dholim, kejam, mentalan tidak punya belas kasihan kepada sesamanya. Yang laki mengumbar alat reproduksinya sebagai mainan yang mengasyikkan. Yang prempuan bahkan mengkomersialkan alatnya untuk cari duwit. Inilah masalah spiritual dan SEX. Yang terang gitu lhoo.. jangan pada FASIQ, MUNAFIQ… kan umumnya orang model apa saja ya ngeSEX, kecuali yang yakin bahwa nseSEX itu meneruskan dosa asal Adam dan Hawa yang ngSAEX sesudah makan buah khuldi, akibat tipu muslihat Iblis. Gitu lhooo.
    Tulisan ini masih erat hubungannya dengan masalah SEX dan SPIRITUal. Gitu lhoo. Ki Dipo umurnya sudah 78 ( tujuh delapan) tahun, banyak pengalaman ngesex yang sungguh sungguh ingin keturunan dan yang main-main. Habis enaak siih. Dari ENAAK menjadi anak, atau dari enaak lho kena AIDS. Wah celakalah kalo begitu. Jadiii… yaa biasa saja manusia itu umumnya doyan ngSEX. karena sesungguhnya orang itu yang masih tergolong makhluk biasa yang yaa ngSEX. Dan yang paling lama ngesexnya ialah anjing yang bisa kanthil berjam-jam, sedang orang paling beberapa menit sudah COPOT. Kupu-kupu itu ngesex sambil terbang kesana kemari Asyiiik. Itulah termasuk KEHEBATAN Allah Maha Pencipta dengan segala seni dan versinya. Lha orang seninya apa?
    Biukin video porno aja sudah diributiin kaaya kambing kebakaran jenggot. Marilah marilah ngomong tentang apa saja kalau masih doyan ngomong… kalao sudah bosan ngomong yaaaa : ” Mati ajalah lu Tooong.”
    Bukankah hidup ini hanya permainan dan senda-gurau belaka s. Muhammad Q.S. 47: 36. al An’aam Q.S. 6: 32… maka apakah kamu tidak memahaminyaa? Bahkan Allah bertanya di s. an Niisa Q.S 4: 78. sudah ngong sendiri bingung tidak tahu ujung pangkal omongannya sendiri Kan lucuu jadinya. Ayo ngomong terus tentang SEX dan SPIRITUAL. Akhirnya kan orang bertanya sendiri : ” Apa yaa semua ini maknanyaa, kok jadi ramai-onai begini? ” Ya tanya-o pada Yang Akaryo Jagat… syukur kalau dijawab… kala tidak yang pikiren dewe sak gaduk-gaduke.. Ghitu lhoo… wong. Orang suka SOK TAHU… padahal nggak tahu apa-apa. Pengetahuannya hanya kumulasi sejak lahir sampai sebelum PIKIUN, kalau sudah PIKUN orang pelupa dan tidakbisa diCHARGE lagi seperti batery tang sudah bobrok.. dibuang saja. Gitu lhoo sesungguhnya. Ya nggak? Wong gitu aja kok repot, kata alm Gus Dur.
    ( semua dialam sana masih bisa bercanda dengan para malaikat dan para malaikat akan terpingkal-pingkal mendengar ceriteranya Gus Dur disana Amiin.) SEX dan SPIRITUAL… ayao teruskan ngomong samapi mulut meniren. Nggal apa apa, nggak diTEMABAK. Tidak usah dipisah-pisahkan urusan manusia, termasuk urusan SEX dan SPIRUAL. Wong sebetulnya
    orang hanya bisa memisah-msahkan barang yang wujudnya kongkrit, yang tidak konkrit mana bisa dipisah-pisahkan. Air dan udara saja masih bisa dipisahkan, diwadahi botol atau ember. Tapi yang ABSTRAK kok mau diwadahi apaa? Oleh karena itu issue tentang musyrik dan tauhid hanya FITNAH. s. al An’aam Q.S. 6: 23 Itulah diawali dengan ceritera tentang SEX dan SPIRITUAL. Memang munculnya orang yang omong macam macam umumnya ya dari ulah orang ngSEX ituu. Masih tidak nyambungkaaah? Sex, sex, sex dan spiritual, spirit jahat dan spirit baik. Mana yang jahat mana yang baik sejak dulu rancu menurut selera yang punya SPIRIT. Jiwa pemberontak melawan penjajah juga bisa baik bisa buruk, tapi pada dasarnya BERONTAK itu watak IBLIS dari awalnya kepada Allah. Apakah IBLIS juga ngesex? Nah jawab ini kalau benar-bener tahu segalanya. Menurut Sigmund Freud… segala tingkah laku manusia itu ada hubungannya dengan masalah SEX dan ngeSEX. Ya gitu kaliik. Allah bikin urusan SEX dan ngeSEX yang sungguh mengasyikkan manusia, supaya dunia terus diramaikan oleh makhluk-makhluk hasil perbuatan ngeSEX. Begitu lho. Kalo ngSEX itu tidak asyiik, kan sudah lama dunia ini SEPI, karena menyusut terus populasinya dan punah… suwung.. rtidak ada mahkluk penerusnya. Lho gitu hubungannya SEX dan SPIRITUAL. Hayo ngomng lagi1. Dikandani koook. malah jadi Da-ni-el wa-lu-yoo. mendinmgan ngguyu aja kepingkel-pingkel menghilangkan stress. Yo praa? Wahai ISLAM KTP. Ya su-daaag.

  10. Salam. Orang itu suka EWO, kalau lihat, dengar, barang atau omongan orang lain… cepat aja melihat kekuarangannya. Mau jangan ada orang yang lebih keren dari dirinya. Ooo kok gituu. Yang gak nyambung kek, nggak goblog kek. Adaaa saja. itulah golongan Da-ni-el Wa lu-yoo.
    Nek dikandani ngeyel bantahane WATON SULOYO. Ginilho sebenarnya aja nih. Kita semua ini hasil dari perbuatan NGESEX orang tua kita. Inilah hubungannya SEX dan SPIRITUAL, kalau nggak ada SPIRIT atau nafsu SEX…. sapai atau wedus saja yang mustahil punya anak. Gitu lhoo. Jadi jangan sok SUCI… mengharamkan masalah SEX dengan SPIRITUAL. Ya manusia itu sekali NGSEX tetap NGESEX. Sekali GUOBLOG tetap GUOOOBLOG selama-lamanya Kaji baik-baik apa Firman Allah di s. al Ahzaab Q.S. 33: 72. manusia itu amat bengis ( ugal-ugalan, keterlanjurannya ya biadaaab itulah.) dan apa? BENGIS, dholim, kejam, mentalan tidak punya belas kasihan kepada sesamanya. Yang laki mengumbar alat reproduksinya sebagai mainan yang mengasyikkan. Yang prempuan bahkan mengkomersialkan alatnya untuk cari duwit. Inilah masalah spiritual dan SEX. Yang terang gitu lhoo.. jangan pada FASIQ, MUNAFIQ… kan umumnya orang model apa saja ya ngeSEX, kecuali yang yakin bahwa nseSEX itu meneruskan dosa asal Adam dan Hawa yang ngSAEX sesudah makan buah khuldi, akibat tipu muslihat Iblis. Gitu lhooo.
    Tulisan ini masih erat hubungannya dengan masalah SEX dan SPIRITUal. Gitu lhoo. Ki Dipo umurnya sudah 78 ( tujuh delapan) tahun, banyak pengalaman ngesex yang sungguh sungguh ingin keturunan dan yang main-main. Habis enaak siih. Dari ENAAK menjadi anak, atau dari enaak lho kena AIDS. Wah celakalah kalo begitu. Jadiii… yaa biasa saja manusia itu umumnya doyan ngSEX. karena sesungguhnya orang itu yang masih tergolong makhluk biasa yang yaa ngSEX. Dan yang paling lama ngesexnya ialah anjing yang bisa kanthil berjam-jam, sedang orang paling beberapa menit sudah COPOT. Kupu-kupu itu ngesex sambil terbang kesana kemari Asyiiik. Itulah termasuk KEHEBATAN Allah Maha Pencipta dengan segala seni dan versinya. Lha orang seninya apa?
    Biukin video porno aja sudah diributiin kaaya kambing kebakaran jenggot. Marilah marilah ngomong tentang apa saja kalau masih doyan ngomong… kalao sudah bosan ngomong yaaaa : ” Mati ajalah lu Tooong.”
    Bukankah hidup ini hanya permainan dan senda-gurau belaka s. Muhammad Q.S. 47: 36. al An’aam Q.S. 6: 32… maka apakah kamu tidak memahaminyaa? Bahkan Allah bertanya di s. an Niisa Q.S 4: 78. sudah ngong sendiri bingung tidak tahu ujung pangkal omongannya sendiri Kan lucuu jadinya. Ayo ngomong terus tentang SEX dan SPIRITUAL. Akhirnya kan orang bertanya sendiri : ” Apa yaa semua ini maknanyaa, kok jadi ramai-onai begini? ” Ya tanya-o pada Yang Akaryo Jagat… syukur kalau dijawab… kala tidak yang pikiren dewe sak gaduk-gaduke.. Ghitu lhoo… wong. Orang suka SOK TAHU… padahal nggak tahu apa-apa. Pengetahuannya hanya kumulasi sejak lahir sampai sebelum PIKIUN, kalau sudah PIKUN orang pelupa dan tidakbisa diCHARGE lagi seperti batery tang sudah bobrok.. dibuang saja. Gitu lhoo sesungguhnya. Ya nggak? Wong gitu aja kok repot, kata alm Gus Dur.
    ( semua dialam sana masih bisa bercanda dengan para malaikat dan para malaikat akan terpingkal-pingkal mendengar ceriteranya Gus Dur disana Amiin.) SEX dan SPIRITUAL… ayao teruskan ngomong samapi mulut meniren. Nggal apa apa, nggak diTEMABAK. Tidak usah dipisah-pisahkan urusan manusia, termasuk urusan SEX dan SPIRUAL. Wong sebetulnya
    orang hanya bisa memisah-msahkan barang yang wujudnya kongkrit, yang tidak konkrit mana bisa dipisah-pisahkan. Air dan udara saja masih bisa dipisahkan, diwadahi botol atau ember. Tapi yang ABSTRAK kok mau diwadahi apaa? Oleh karena itu issue tentang musyrik dan tauhid hanya FITNAH. s. al An’aam Q.S. 6: 23 Itulah diawali dengan ceritera tentang SEX dan SPIRITUAL. Memang munculnya orang yang omong macam macam umumnya ya dari ulah orang ngSEX ituu. Masih tidak nyambungkaaah? Sex, sex, sex dan spiritual, spirit jahat dan spirit baik. Mana yang jahat mana yang baik sejak dulu rancu menurut selera yang punya SPIRIT. Jiwa pemberontak melawan penjajah juga bisa baik bisa buruk, tapi pada dasarnya BERONTAK itu watak IBLIS dari awalnya kepada Allah. Apakah IBLIS juga ngesex? Nah jawab ini kalau benar-bener tahu segalanya. Menurut Sigmund Freud… segala tingkah laku manusia itu ada hubungannya dengan masalah SEX dan ngeSEX. Ya gitu kaliik. Allah bikin urusan SEX dan ngeSEX yang sungguh mengasyikkan manusia, supaya dunia terus diramaikan oleh makhluk-makhluk hasil perbuatan ngeSEX. Begitu lho. Kalo ngSEX itu tidak asyiik, kan sudah lama dunia ini SEPI, karena menyusut terus populasinya dan punah… suwung.. rtidak ada mahkluk penerusnya. Lho gitu hubungannya SEX dan SPIRITUAL. Hayo ngomng lagi1. Dikandani koook. malah jadi Da-ni-el wa-lu-yoo. mendinmgan ngguyu aja kepingkel-pingkel menghilangkan stress. Yo praa? Wahai ISLAM KTP. Ya su-daaag.

  11. weewww… benar kata islam KTP.. nambah ngga nyambung aja nih si KIDI, mungkin lbh tepatnya just Kidding…. yaa.. sudaaagg.
    Kyknya bikin thread baru aja…, kebanyakan ootnya…. toh klo koment ya comen isinya, nih ko’ malah ngalur ngidul ga jelas isinya…mungkin karna Sesuailah dgn tulisan diatas “pikirannya hanya dipenuhi urusan esek2 sehingga nek KIDI”NG mengganggap kedudukan esek-esek itu sedemikian pentingnya untuk bisa mengalami Tuhan/bersama Tuhan.”
    yaaa .sudaaag gitu aja kok comen panjang2 nambah ga jelas ..

  12. lha gitu ndong om…. aku stuju tuh… kcuali soal video porno tadi. boleh aja kita bikin video porno tapikan jangan disebarin ke muka umum. yang diributiin kaaya kambing kebakaran jenggot kan yang disebarin ke muka umum….. kalo sampe diliat anak-anak kan repot tuh, coba om pikir kalo cucu om yang umur 3.5 tahun tanya ke om “mbah niku tiyang seg nopo?? jaran-jaranan kok mboten ngagem rasukan…. nopo mboten adem???”…. saderenge pangapuntene sembrono nggih om……………

  13. lha gitu ndong om…. aku stuju tuh… kcuali soal video porno tadi. boleh aja kita bikin video porno tapikan jangan disebarin ke muka umum. yang diributiin kaaya kambing kebakaran jenggot kan yang disebarin ke muka umum….. kalo sampe diliat anak-anak kan repot tuh, coba om pikir kalo cucu om yang umur 3.5 tahun tanya ke om “mbah niku tiyang seg nopo?? jaran-jaranan kok mboten ngagem rasukan…. nopo mboten adem???”…. saderenge pangapuntene sembrono nggih om……………

  14. PERMISI URUN REMBUK… SEKS = KAWIN, KAWIN = PENYATUAN/PERSENYAWAAN/PEMANUNGGALAN ANTARA 1 DGN YG LAINNYA. MUNGKIN YG DIMAKSUD SEKS DAN SPIRITUAL DI SINI ADALAH PROSES PERJALANAN MANUSIA MENUJU MANUNGGAL DGN GUSTI (TUHANNYA), PROSES AWAL YAITU DGN SEMANGAT YG BERKOBAR (BERGAIRAH) UTK MENCARI, MENEMUKAN, MEWUJUDKAN MANUNGGAL DGN TUHAN SAMPAI KLIMAKS PERJUANGAN TSB UTK MANGGAPAI HAL TSB, DARI MILYARAN MANUSIA HANYA SEBAGIAN KECIL YG BERHASIL SAMPAI PADA TUJUAN HAKEKAT BAHKAN MA’RIFAT KEHIDUPAN TSB DI HADAPAN TUHAN SEMESTA ALAM TERBUKTI, TER-UNGGUL, TER-UJI KESUNGGUHAN HATI. SEPERTI HALNYA PERJUANGAN MILYARAN SPERMA BEREBUT UTK MEMBUAHI OVUM, DAN HANYA 1 ATAU 2 SAJA YG BERHASIL KRN TERPILIH ATAUPUN PILIHAN YG TERBAIK. DAN MASIH BANYAK LAGI PENJELASAN-2 DAN PENJABARAN-2 DARI AYAT YG TERSIRAT PADA ALAM SEMESTA YG TIADA HURUF & TULISAN SERTA TAK TERBATAS OLEH RUANG DAN WAKTU, HANYA BISA TERLIHAT, TERBACA, TERDENGAR DAN TER-RASAKAN OLEH HATI YG BERNURANI DAN PIKIRAN YG BERNALURI. SEKIAN DULU DARI SAYA, SEMOGA BERMANFAAT DAN MARI KITA BELAJAR BERSAMA-SAMA ILMU HIDUP KEHIDUPAN DAN BERKETUHANAN. MHN MAAF BILA ADA YG KURANG DAN TRMKSH…

Leave a Reply

Your email address will not be published.